Pengabdian Masyarakat I


Holla blogwalking, postingan kali ini tentang pengabdian masyarakat yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya nih, setelah sekian lama membiarkan blog begitu saja saya jadi rindu  untuk menyapa blog saya. Oke langsung saja ya saya akan bercerita tentang Acara tersebut.
Hari Sabtu kemarin tepat pada tanggal 7 Juni 2014 ada acara seru yang bernama Pengabdian desa. Kegiatan ini diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Setelah tahun 2007-2013 progam ini vakum akhirnya pada tahun 2014 diadakan lagi. Datang juga bapak Perwakilan FEB yang kebetulan menggantikan bapak Dekan yang tidak bisa hadir pada acara tersebut, beliau berkata acara ini pernah juga digalakkan pada tahun 2006, tetapi sesudah tahun tersebut tidak ada lagi acara acara serupa seperti tahun 2006 lalu. 

Dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa bisa menerapkan nilai nilai dari Progam Pembinaaan Mahasiswa Baru (PROBINMABA). Nilai nilai tersebut antara lain adalah :
  1. Intelektual 
  2.  Religiusitas
  3. Cinta tanah air
  4. Kepemimpinan
  5. Kekeluargaan
  6. Kewirausahaan  
  7. Kepekaan Sosial
Dan diharapkan dari peserta kegiatan ini dapat menerapkan nilai nilai di atas tersebut, karena sebagai mahasiswa peran kita bukan hanya pergi untuk belajar, mendengarkan dosen, kemudian pulang, atau biasa disebut kupu kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang). Sebagai mahasiswa ada beberapa peran yang harus kita miliki dan kita terapkan, antara lain human capital, agent of social control, dan iron stock. Yah semoga kita semua para mahasiswa/mahasiswi bisa memberikan peran terbaik untuk negeri tercinta, Indonesia ;)

Dapat disimpulkan bahwa adanya pengabdian masyarakat sendiri merupakan implementasi dari nilai nilai di atas, serta peran mahasiswa sebagai 3 kunci yang saya sebut tadi. Terjun ke masyarakat secara langsung mau tak mau mengajarkan kita berhadapan dengan orang banyak, bersosialisasi dengan dunia luar, bagaimana sikap kita menghadapi orang orang yang mempunyai bermacam macam sifat dan watak. Dan yang terpenting adalah kita peka akan dunia di luar, karena kita hidup bukan hanya untuk diri sendiri, Tetapi untuk lingkungan sekitar juga.   
Sekian Untuk postingan kali ini. Postingan kali ini hanya menggambarkan apa itu pengabdian desa, apa tujuan dari kegiatan tersebut. Akan ada postingan berikutnya tentang serangkaian kegiatan pengabdian desa di postingan berikutnya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mampir komentar ? yuk mari :)